Pengembangan Ekonomi Digital Di Indonesia Dan Dunia

ekonomi digital

Di Indonesia, berwisata di daerah terdekat atau staycations meningkat empat kali lipat pada Juli-Agustus dibandingkan bulan sebelumnya. Delapan dari 10 dari mereka berniat untuk terus berbelanja online (pasca-pandemi corona), ” demikian dikutip dari laporan tersebut. Selama tiga hari berturut-turut, yakni pada November 2020, Hukumonline akan menyelenggarakan Hukumonline Law Festival 2020. Acara ini merupakan wadah khusus yang kami sediakan bagi para pelaku bisnis startup dan UMKM; inkubator; akselerator; komunitas dan wirausaha sosial; hingga venture capital untuk terhubung dengan praktisi hukum terkemuka dan mendapatkan wawasan mendalam mengenai hukum. Tantangannya, sekalipun perusahaan tersebut memiliki tingkat kapabilitas yang cukup tinggi, menjaga keutuhan keamanan data pribadi penggunanya adalah hal yang tidak mudah.

Setiap entitas bisnis digital harus memahami ruang lingkup perlindungan data pribadi di Indonesia dari segi praktik dan regulasinya. Selain itu, perlu ada pemahaman khusus terkait batasan-batasan yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan saat mengumpulkan data pribadi pelanggannya.

Di Indonesia, mayoritas GMV masih disokong oleh layanan e-commerce, yakni sebesar $32 miliar, disusul platform trasport & food senilai $5 miliar, online media $4, 4 miliar, dan online travel $3 miliar. Momentum ini harus dijaga oleh para startup dan disiplin keuangan, sehingga bisa bertahan dengan baik selama masa resesi. Selain itu, terus agen judi bola membangun fondasi bisnis agar bisa menangkap peluang dari bonus demografi Indonesia dan Asia Tenggara dalam beberapa tahun ke depan. Sedangkan nilai transaksi online travel yang diprediksi anjlok 58% menjadi US$ 14 miliar tahun ini. Meski begitu, “enam hingga tujuh dari 10 konsumen tidak sabar ingin bepergian, ” demikian dikutip.

Bila Indonesia mampu, maka ekonomi berbasis internet bisa menjadi salah satu kekuatan dalam menopang perekonomian domestik secara keseluruhan. “UU Cipta Kerja kesempatan membenahi berbagai kelemahan fundamental dan peningkatan layanan telekomunikasi. Kemenko Perekonomian menggunakan momentum ini dengan menyiapkan strategi- nasional pengembangan ekonomi digital, ” terang Bayu Anggara Silvatika, Plt. Kepala Bidang Ekosistem Ekonomi Digital Kemenko Perekonomian, saat webinar Sobat Cyber Indonesia, belum lama ini.

Selain itu, dalam pelaksanaan penyaluran bantuan langsung tunai, bansos produktif, subsidi gaji karyawan, dan program kartu prakerja juga dilakukan secara digital. Semua bantuan itu langsung diberikan ke rekening bank penerima sehingga dengan ini bisa untuk mempercepat transformasi ekonomi digital di Indonesia. Dengan kondisi ini, Morgan Stanley pun berharap agar Indonesia bisa menangkap peluang tersebut.

ekonomi digital

Jokowi mengungkapkan, dari 10 negara Asean, hanya 3 negara yang memiliki tingkat penetrasi internet di atas 80 persen. Laporan dari Google, Temasek, dan Bain & Co. memprediksi bahwa valuasi ekonomi digital Indonesia akan mencapai US$ 133 miliar pada 2025.